RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA
ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Status Pendidikan : Madarasah
Aliyah
Kelas / Semester : X
/ I
Pertemuan ke :
1 ( satu )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Kompetensi dasar:
Menyimak
1.1
Mengidentifikasi bunyi, ujaran
(kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
I.
Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu:
Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana
lisan tentang perkenalan
Nilai Karakter Bangsa
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan (التعارف)
أ.
إستمع الى ما يلي !
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته .
انا فريد , انا من سوراكرتا . انا طالب جديد في هذه المدرسة الثانوية الإسلامية . من اانت ومن اين انت ؟
انا علي , انا من جاكرتا , وانا طاالب جديد ايضا . هذا احمد ,هو من سورابايا .
انا عائشة ,انا من سمارا نج .
انا طالبة جديدة فى هذه المدرسة الثانوية الإسلامية . من انتِ ؟ ومن
اين انتِ ؟
انا حليمة انا من بندونج , انا طالبة جديدة ايضاً .
هذه فاطمة هي من كلمنتان .
ب. إحفظ هذه المفردات !
هََذََا
|
Ini lk
|
6
|
اََنَا
|
Saya lk/pr
|
1
|
هََذِِهِِ
|
Ini pr
|
7
|
اَنْتَ
|
Kamu lk
|
2
|
مَنْ
|
Dari
|
8
|
اَنْتَ
|
Kamu pr
|
3
|
فِى
|
Di / didalam
|
9
|
هُوَ
|
Dia lk
|
4
|
مَنْ
|
Siapa
|
10
|
هِيَ
|
Dia pr
|
5
|
III. Metode:
·
ceramah
·
Inkuiri
·
Diskusi
Pendekatan
·
Klasikal dan
·
Kelompok
IV. Langkah
Pembelajaran:
No
|
Langkah-Langkah Kegiatan
|
Media/Sumber
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·
Guru
mengecek kehadiran siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
· Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
· Siswa mendengarkan
wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang didengar
· Siswa mencocokkan gambar
dengan ujaran yang didengar
· Siswa menuliskan
beberapa kata yang didengar dari guru
· Guru bersama siswa
mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
· Siswa dibagi dalam
kelompok-kelompok kecil
· Tiap kelompok terdiri
dari 4-5 orang
· Tiap kelompok
mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
· Tiap kelompok menuliskan
isi wacana lisan secara umum
· Tiap kelompok
mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan
ruangan laboratorium bahasa.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Guru/Buku Paket
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, menghargai prestasi.);
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
menghargai prestasi, bersahabat,);
|
Instrumen latihan
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat
Belajar:
· Guru
· Buku paket Terampil Bahasa
Arab 1 kelas X MA
· Ruang Kelas
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau
kalimat yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang
disediakan
§ Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
§ Menentukan tema dari wacana lisan
§ Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
§ Mengungkapkan kembali informasi rinci dari
wacana lisan.
§ Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru
atau sulit
|
Tugas kelompok
Tugas Individu
|
Tes Tulis
|
١. ما موضوع هذه المحاورة
!
انا فريد , انا من سوراكرتا . انا
طالب جديد في هذه المدرسة الثانوية
الإسلامية . من اانت ومن اين انت ؟
انا علي , انا من جاكرتا , وانا
طاالب جديد ايضا . هذا احمد ,هو من سورابايا .
انا عائشة ,انا من سمارا نج .
انا طالبة جديدة فى هذه المدرسة
الثانوية الإسلامية . من انتِ ؟ ومن اين انتِ ؟
انا حليمة انا من بندونج
۲. من اين فريد ؟
۳. اين يتعلم فريد ؟
۴. انا .......
جديد في هذه المدرسة
|
مفتاح الأ جوبة
١. التعاررف
۲. فريد من
سوراكرتا
۳. هو يتعلم في
المدرسة الثانوية الإسلامية
۴. انا طالب
جديد في هذه المدرسة
KRITERIA
PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi tema
|
Menemukan informasi tersurat
|
Menemukan pesan
|
Menceritakan kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
Mataram, September 2013
Guru Mapel
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Status Pendidikan : Madarasah
Aliyah
Kelas / Semester : X
/ I
Pertemuan ke :
2 ( dua )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Kompetensi Dasar:
BERBICARA
2.1
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan
lafal yang tepat
2.2
Melakukan dialog
sesuai konteks dengan tepat dan lancar
I.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang
perkenalan dengan lancar dan tepat.
Nilai Karakter Bangsa
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
II. Materi Pembelajaran:
Dialog
tentang:
a) Perkenalan
, misalnya :
فريد :السلام عليكم , ما اسمك يا أخي
؟
احمد :وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته، اسمي
احمد, وانت ما اسمك الكريم ؟
فريد :اسمي فريد . وانت ماسمك يا اخي ؟
علي :اسمي علي ّ
احمد :في اية مدرسة تخرّجت يا فريد ؟
فريد :تخرجت في مدرسة " الإخلاص" المتوسطة الإسلامية .
علي :اين تقع هذه المدرسةً ؟
فريد :تقع
هذه المدرسة في جاكرتا الشرقية
احمد :وانتِ
ماسمكِ يا اختي ؟
عائشة :اسمي عائشة, تخرجت في مدرسة " نور الإيمان " المتوسطة
الإسلامية
عليّ : نعم
, عرفتُ هذه المدرسة , وهي تقع في جاكرتا الجنوبيَّة .
عائشة : كلامك صحيح ُ, انها تقع في جاكرتا الجنوبية .
فريد :
واين تسكنين يا عائشة ُ ؟
عائشة : اسكن في شارع كبايوران لاما .
فريد : هل
تسمحين لنا ان نزور بيتكِ يوم العطلة ؟
ععائشة: بكلِّ سرور, وانا مستعدةُ لقبول زيارتكم
جمميعاً . ومِنْ اين انت يا احمد ؟
احمد : انا
من سومطرة الغربية,واسكن في بيت عمِي في شيبوتات .
فريد :
الساعة الأ ن السابعة الاَّ خمس دقائقَ, هيا بنا ندخل الفصل
III. Metode:
·
Modeling
·
Inpairing
·
Thariqotul mubasyarah
Pendekatan :
-
Klasikal
-
Kelompok
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
||
|
· Guru mengecek kehadiran
siswa
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat
berkenalan
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
|
|
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
||
|
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
· Seluruh siswa
mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
· Seluruh siswa menirukan
kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
· Seluruh siswa secara
bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi :
· 5 orang siswa maju ke
depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
· Setiap siswa mengajukan
pertanyaan kepada teman di kelas
· Setiap siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan lawan bicara
· Setiap siswa melakukan percakapan
dengan teman sekelas/sebaya
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
||
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat,);
|
|
|
||
V. Sumber/Bahan/Alat
Belajar:
· Guru
· Buku paket Bahasa Arab
kelas X,Terampil Bahasa Arab I
· Buku paket Bahasa Arab Madrsah Aliyah ,Ayo Fasih berbahasa arab
· Ruang Kelas
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi
yang tepat
·
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·
Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·
Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·
Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·
Melakukan percakapan sesuai konteks
|
Tugas Kelompok
|
Bermain Peran
|
Mainkan sebuah drama dengan
tema perkenalan di sekolah ..!
|
KRITERIA
PENILAIAN
- Berbicara
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan kata/ungkapan
|
Kelancaran
|
Ketepatan Intonasi
|
Kontekstual
|
|||
25
|
25
|
20
|
30
|
100
|
||
1
|
Siswa
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswi
|
|
|
|
|
|
4
|
Siswi
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
Mataram, September 2013
Guru Mapel
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA
ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Status Pendidikan : Madarasah
Aliyah
Kelas / Semester : X
/ I
Pertemuan ke :
3 ( tiga )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaranfr
Standar Kompetensi:
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog
tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Kompetensi dasar:
MEMBACA
·
Melafalkan dan membaca nyaring
kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
·
Mengidentifikasi bentuk dan
tema wacana secara tepat
·
Menemukan makna dan gagasan
atau ide wacana tulis secara tepat
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan
mampu: Membaca nyaring kata, frasa dan
atau kalimat, mengidentifikasi tema
wacana, memperoleh informasi umum,
informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis.
Nilai Karakter Bangsa
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Percaya diri
(keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan)
II. Materi Pembelajaran :
· Kehidupan Keluarga
تخَــَرَّج َ فَرِ يْدٌ فِى مَدْرَسَةِ
اْلمُــتَوَسِّطَةِ اْلإِسْلاَمِيَّةِ,
فَوَ اصَلَ دِرَاسَـتَهَ اِلَى اْلمـَدْرَسَةِ الـثاَّ
نـَوِ يَّةِ اْلإِسْلاَمِـيَّةِ اْلعَــالِيَّــةِ , وَ لَيـْسَ فِـيْـهِ صَدِ يـْقٌ يَـعْرِفُهُ, فَبَـعْــدَ اَنْ
دَخَــلَ فَرِ يْدٌ
وَ اَصْـدِقَــا ئُهُ
اْلفَصْـــلَ, قَدَّ مَ كُلُّ اَحَدٍ مِنْهُمْ اِسمْــَهُ.
تَقَـدَّ مَ فَرِ
يْدٌ اَمَامَ اْلفَصْـلِ
لِيُـقَــدِّمَ نـَفْسَـهُ,
وَقَالَ ِاسمْـِى فَرِ يْدٌ,
تخَــَرَّجْتُ فيِ مَدْرَسَةِ " اْلإِخْلاَصِ " اْلمُــَــتَوَسِّطَةِ
اْلإِسْلاَمِيَّةِ, وَهَذِهِ اْلمَدْرَسَةُ
تَقَـعُ فِى جَاكَرْتاَ الشَّرْقِيَّةِ.
وَ تَقَدَّ مَ عَلِيٌّ اَماَمَ
اْلفَصْلِ لِيُقَـدِّمَ نـَفْسَـهُ, وَقاَلَ ِاسمْـىِ عَلىِ , وَ اَناَ مِنْ
سُوْمَطْرَةِ اْلغَرْ بِيَّةِ. لِي عَمٌّ
فيِ هَذِهِ الْعاَصِمَةِ, وَاَناَ
اَسْكُنُ فيِ بَـيْتِ عَمِّى فيِ
شِـيْبُــوْ تاَتْ.
وَ تــَقَدَّ مَتْ عاَ ئِشَـةُ اَماَمَ
اْلفَصْلِ لِتُقَدِّمَ نـَفْـسَهاَ, وَقَالَتْ اِسمْــِى عاَئِشَةُ, تخَــَرَّجْتُ فيِ مَدْرَسَةِ
" نـُوْرِ اْلإِ يمْاَنِ
" اَلمْــُـتـَوَسِّطَةِ اْلاِسْلاَمِيَّةِ, وَهَذِهِ اْلمَدْرَسَةُ تَقَعُ فيِ جاَكَرْتاَ اْلجَنُوْ
بِــيَّةِ, وَاَسْكُنُ فيِ شَارِعِ
كَباَ يُوْرَانْ لاَماَ.
III. Metode :
· Modelling
· Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
· Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
· Guru mengecek kehadiran
siswa
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
· Guru meminta salah
seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan
dengan tempat tinggal
· Guru memaparkan
istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal
|
Pengalaman pribadi
Guru
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Seluruh siswa
mendengarkan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
· Seluruh siswa menirukan
lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
· Seluruh siswa
mendengarkan lafal guru dalam membaca wacana
· Seluruh siswa menirukan
lafal guru dalam membaca wacana
· 1 orang siswa memimpin
teman-temannya membaca nyaring wacana tulis.
· Siswa dibagi dalam
kelompok kecil.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
· Setiap kelompok terdiri
dari 2-3 orang.
· Setiap kelompok
mengidentifikasi kata-kata atau istilah-istilah yang sulit.
· Setiap kelompok mengutus
perwakilannya untuk menulis kata-kata atau istilah-istilah yang sulit tersebut di papan
tulis.
· Setiap kelompok
berdiskusi untuk menentukan tema dan ide pokok dari setiap paragraf.
· Setiap kelompok membuat
rangkuman dari isi wacana tulis tersebut.
· Setiap kelompok
membacakan hasil rangkumannya di depan kelas.
· Guru membuat klasifikasi
kata-kata yang ada di dalam wacana tulis ke dalam isim dan fi’il.
· Guru mengklasifikasi
isim menjadi dua, yaitu النكرة والمعرفة.
· Siswa membuat kesimpulan
tentang اسم النكرة والمعرفة
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Kitab Al Arabiah lin
Nasyiin
Kitab Al Arabiah lin
Nasyiin
Buku Nahwu
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat,);
|
Instrumen soal latihan
|
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat
Belajar :
·
Buku العربية للناشئين Jilid 3 halaman: 33 dan
42
·
Ruang multimedia
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
· Melafalkan
kata/frasa/kalimat dengan tepat
· Membaca nyaring
kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
· Menentukan tema wacana
tulis
· Menentukan ide pokok
dari wacana tulis
· Menentukan informasi
rinci dari wacana tulis
· Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
· Menjawab pertanyaan
mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
· Menjawab pertanyaan
mengenai informasi rinci dari wacana tulis
|
Individu dan kelompok
|
Performa dan unjuk kerja
|
1.
Bacalah dengan benar teks berikut!
2.
Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
3.
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
|
KRITERIA
PENILAIAN
- Membaca
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan/
Kelancaran
|
Menemukan informasi tersurat
|
Menemukan ide pokok
|
Menemukan pesan
|
|||
20
|
25
|
25
|
30
|
100
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
Mataram, September 2013
Guru Mapel
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
BUTIR SOAL
١. اُكْتُبْ هَذِهِ
العِباَرَةَ مَعَ شَكْلِهاَ
الصَّحِــيْح ِ !
و
تــقد مت عا ئشـة امام
الفصل لتقدم نـفـسها
٢.
أَكْمِلْ ماَ يَـلىِ وَ فْـقاً لمِاَد
َّةِ اْلقِرَ ائَةِ السَّابِقَةِ !
وَ
اصَلَ فَرِ يْدٌ ......... اِلىَ اْلمـَدْرَسَةِ
الـثاَّ نـَوِ يَّةِ
اْلإِسْلاَمِـيَّةِ
اْلعَــالِيَّــةِ
۳.
ضع حرف
( ص ) اذا كانت العبارة
موافقة للقرائة السابقة وحرف ( خ ) اذا كانت غير موافقة !
لَيـْسَ لِعـــَلِيٍّ عَمٌّ فيِ هَذِهِ الْعاَصِمَةِ
٤.
هَلْ لِفَرِ يْدٍ
صَدِ يْقٌ يَعْرِفُهُ ؟
٥.
اَيــْنَ تَسْكُنُ عاَئِشَةُ ؟
KUNCI JAWABAN
١. وَ
تــَقَدَّ مَتْ عاَ ئِشَـةُ اَماَمَ
اْلفَصْلِ لِتُقَدِّمَ نـَفْـسَهاَ
٢. وَ اصَلَ فَرِ
يْدٌ دِرَ اسَــتَه ُ اِلىَ
اْلمـَدْرَسَةِ الـثاَّ
نـَوِ يَّةِ اْلإِسْلاَمِـيَّةِ اْلعَــالِيَّــةِ
۳. لَيـْسَ لِعـــَلِيٍّ عَمٌّ فيِ هَذِهِ الْعاَصِمَةِ
( خ )
٤. لاَ, لَيــْسَ
لـَهُ صَدِ يـْقٌ يـَعْرِفُهُ
٥.
عاَئِشَةُ تَسْكُنُ فيِ شَارِعِ كَباَ
يُوْرَانْ لاَماَ.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA
ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Status Pendidikan : Madarasah
Aliyah
Kelas / Semester : X
/ I
Pertemuan Ke :
IV ( empat )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Kompetensi dasar:
MENULIS
4.1
Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2
Mengungkapkan gagasan atau
pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan
kata, frasa, dan struktur yang benar
I.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan
mampu menulis kata, frasa dan kalimat dengan menggunakan khat riq’ah serta
dapat menyusun paragraf sesuai tema perkenalan
Nilai Karakter Yang diharapkan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,tanggung jawab.
II. Materi Pembelajaran:
· Menyalin Potongan ayat
al-Qur’an ke dalam Khat riq’ah
يرفع
الله الذين امنوا منكم والذين اوتواالعلم درجات
·
Menulis dikte kata-kata berikut
·
اِسْمِي-
فَرِيدٌ- تَخَرَّجْتُ- فِي- مَدْرَسَةِ - الْإِخْلاَصِ- الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
·
Menyusun wacana menjadi kalimat yang berpaidah
· الْمَدْرَسَةِ –
تَخَرًَّجَتْ – الْإِسْلَامِيَّةِ –
عَاِئشَةُ – الْمُتَوَسِّطَةِ –
فِي
· عَمِّي – أَسْكُنُ
– فِي – بَيْتِ
– شِيْبُوتَاتْ -
فِي
· جَا كَرْتَا –
الْمَدْرَسَةِ – الشَّرْقِيَّةِ – فِي –
تَقَعُ - هَذِهِ
·
Melengkapi wacana
1.
واصل احمد .. . . . . . . . . .في
المدرسة الثانوية الاسلامية
2.
قام ابراهيم أمام
الفصل . .
. . إسمَهُ
3. تسأل عائشة عَنْ . .
. . .
صديقها الجديد
III.
Metode Pembelajan :
· Ceramah
· Modelling
· Diskusi
· Pemberian Tugas
Pendekatan :
·
Individu
·
Klasikal
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15
|
|
· Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· 2 orang siswa menulis
potongan ayat alquran dengan khat riq’ah di papan tulis.
· Guru menulis kembali
ayat tersebut dengan khat riq’ah
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· setiap siswa menyalin khat
riq’ah yang dicontohkan oleh guru.
· Setiap siswa menulis
kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
· Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok.
· Setiap kelompok terdiri
dari 4-5 orang
· Guru memberikan lembaran
kertas kepada setiap kelompok berisikan:
1. wacana tulis yang masih belum legkap.
2. Kalimat-kalimat acak
dari satu wacana.
· Setiap kelompok
melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan menyusun kalimat-kalimat
tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
· Hasil kerja kelompok
dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
· Setiap kelompok memberi
masukan kepada kelompok lain.
· Setiap kelompok membuat
wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah tentang النكرة والمعرفة
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Buku kaligrafi
Buku paket Bahasa arab kelas x
Instrumen latihan
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar, nilai yang
ditanamkan: Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu,tanggung jawab.
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat,nilai yang ditanamkan:
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa
ingin tahu,tanggung jawab.
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa, nilai yang ditanamkan : Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,tanggung jawab.
|
Buku paket
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat
Belajar:
·
Guru
·
Buku paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Arab
·
Alqur’an , Buku panduan Kaligrafi
·
Ruang kelas
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·
Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan
oleh guru
·
Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur
yang tepat
·
Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
|
Individu (khat), kelompok
(membuat wacana)
|
Tes tulis
|
1. Salinlah tulisan ayat
berikut ini ke dalam khat riq’ah
يرفع الله الذين امنوا منكم والذين اوتواالعلم درجات
2. Tulislah kalimat berikut ini dengan tepat dan benar!
§
اِسْمِي- فَرِيدٌ-
تَخَرَّجْتُ- فِي- مَدْرَسَةِ - الْإِخْلاَصِ-
الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
3. Susunlah kalimat
kalimat acak dibawah ini menjadi sebuah kalimat berfaidah !
·
الْمَدْرَسَةِ –
تَخَرَّجَتْ – عَاِئشَةُ - الْإِسْلَامِيَّةِ –
الْمُتَوَسِّطَةِ –
فِي
·
عَمِّي – أَسْكُنُ
– فِي – بيت -شيبوتات
- فى
· جاكرتا
– المدرسة – الشرقية – فى – تقع – هذه
4. Buatlah kalimat sederhana dengan menggunakan
kata di bawah ini :
أ. أُوَاصِلُ ۲. أ , تَخَرَّجَ
|
مِفْتَاح
الإِ جَا بَةِ
١
. يرفع الله الذين امنوا
منكم والذين اوتواالعلم درجات
۲. اِسْمِي- فَرِيدٌ- تَخَرَّجْتُ-
فِي- مَدْرَسَةِ - الْإِخْلاَصِ- الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
۳. أ. تَخَرَّجَتْ
عَاِئشَةُ فِي
الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
ب. أَسْكُنُ فِي
بَيْتِ عَمِّي فِي
شِيْبُوتَاتْ
ج. تَقَعُ هَذِهِ
الْمَدْرَسَةُ فِي جَا
كَرْتَا الشَّرْقِيَّةِ
۴. أ.
أُوَاصِلُ دِرَاسَتِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ
ب. تَخَرَّجَ فَرِيدٌ فِي الْمَدْرَسَةِ
الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
KRITERIA
PENILAIAN
- Menulis
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan Tulisan
|
Keindahan
|
Ketepatan kaidah
|
Pengembangan ide
|
|||
20
|
20
|
30
|
30
|
100
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
Mataram, September 2013
Guru Mapel
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar