السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI


ILMU

GAMBAR

SOFTWARE

TUTORIAL

GAME


Jumat, 01 November 2013

RPP BAHASA ARAB MA BERKARAKTER TERBARU


<data:blog.title/>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           :     MA ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran          :     Bahasa Arab
Status Pendidikan     :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester         :     X / I
Pertemuan ke            :    1 ( satu )
Alokasi Waktu           :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar:
      Menyimak
1.1        Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

I.       Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan

Nilai Karakter Bangsa
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

II. Materi Pembelajaran:
·   Perkenalan (التعارف)
أ‌.                      إستمع الى ما يلي  !

السلام  عليكم ورحمة الله وبركاته .
انا فريد , انا من سوراكرتا . انا طالب جديد في هذه المدرسة  الثانوية الإسلامية  . من اانت ومن اين انت ؟
انا علي , انا من جاكرتا , وانا طاالب جديد ايضا . هذا احمد ,هو من سورابايا .
انا عائشة ,انا من سمارا نج .
انا طالبة جديدة فى هذه المدرسة الثانوية الإسلامية . من انتِ  ؟  ومن اين انتِ ؟
انا حليمة انا من بندونج , انا طالبة جديدة ايضاً .
هذه فاطمة هي من كلمنتان .

ب.      إحفظ هذه المفردات   !

هََذََا
Ini lk
6
اََنَا
Saya lk/pr
1
هََذِِهِِ
Ini pr
7
اَنْتَ
Kamu lk
2
مَنْ
Dari
8
اَنْتَ
Kamu pr
3
فِى
Di / didalam
9
هُوَ
Dia lk
4
مَنْ
Siapa
10
هِيَ
Dia pr
5

III. Metode:
·   ceramah
·   Inkuiri
·   Diskusi
Pendekatan
·         Klasikal dan
·         Kelompok

IV. Langkah Pembelajaran:
No
Langkah-Langkah Kegiatan
Media/Sumber
Waktu
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
·   Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·   Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
·   Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·   Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
·   Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·   Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
·   Tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
·   Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
·   Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Guru/Buku Paket



3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis,  menghargai prestasi.);
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,  menghargai prestasi, bersahabat,);
Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Terampil Bahasa Arab 1 kelas X MA
·   Ruang Kelas


VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

§  Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§  Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
§  Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
§  Menentukan tema dari wacana lisan
§  Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
§  Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
§  Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit

Tugas kelompok

Tugas Individu

Tes Tulis

١. ما موضوع هذه المحاورة  !
انا فريد , انا من سوراكرتا . انا طالب جديد في هذه المدرسة  الثانوية الإسلامية  . من اانت ومن اين انت ؟
انا علي , انا من جاكرتا , وانا طاالب جديد ايضا . هذا احمد ,هو من سورابايا .
انا عائشة ,انا من سمارا نج .
انا طالبة جديدة فى هذه المدرسة الثانوية الإسلامية . من انتِ  ؟  ومن اين انتِ ؟
انا حليمة انا من بندونج
 ۲. من اين فريد ؟
۳. اين يتعلم فريد ؟
۴. انا .......  جديد في هذه المدرسة

مفتاح الأ جوبة
١.  التعاررف
۲. فريد من سوراكرتا
۳. هو يتعلم في المدرسة الثانوية الإسلامية
۴. انا  طالب  جديد في هذه المدرسة

KRITERIA PENILAIAN
  1. Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1






2






3






4






        



Mengetahui
Kepala Sekolah





EHSAN HUSNI, S.Pd.I

Mataram,        September 2013
Guru Mapel





EHSAN HUSNI, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           :     MA ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran          :     Bahasa Arab
Status Pendidikan     :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester         :     X / I
Pertemuan ke            :    2 ( dua )
Alokasi Waktu           :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi Dasar:
      BERBICARA
2.1        Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2        Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar

I.       Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang perkenalan dengan lancar dan tepat.

Nilai Karakter Bangsa
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

II. Materi Pembelajaran:

Dialog tentang:
a) Perkenalan , misalnya :
فريد     :السلام عليكم , ما اسمك  يا أخي  ؟  
احمد    :وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته، اسمي احمد, وانت ما اسمك الكريم  ؟
فريد     :اسمي فريد . وانت ماسمك يا اخي  ؟
علي     :اسمي علي ّ
احمد    :في اية مدرسة تخرّجت يا فريد ؟
فريد    :تخرجت في مدرسة " الإخلاص"  المتوسطة الإسلامية .
علي    :اين تقع هذه المدرسةً ؟
فريد    :تقع  هذه المدرسة في جاكرتا الشرقية
احمد   :وانتِ ماسمكِ يا اختي ؟
عائشة :اسمي عائشة, تخرجت  في مدرسة " نور الإيمان " المتوسطة الإسلامية
عليّ    : نعم , عرفتُ هذه المدرسة , وهي تقع في جاكرتا الجنوبيَّة .
عائشة : كلامك صحيح ُ, انها تقع في جاكرتا الجنوبية .
فريد    : واين تسكنين يا عائشة ُ ؟
عائشة : اسكن في شارع كبايوران لاما .
فريد    : هل تسمحين لنا ان نزور بيتكِ يوم العطلة ؟
ععائشة: بكلِّ سرور, وانا مستعدةُ لقبول زيارتكم جمميعاً . ومِنْ اين انت يا احمد ؟
احمد   : انا من سومطرة الغربية,واسكن في بيت عمِي في شيبوتات .
فريد   : الساعة الأ ن السابعة الاَّ خمس دقائقَ, هيا بنا ندخل الفصل

III. Metode:
·   Modeling
·   Inpairing
·   Thariqotul mubasyarah
Pendekatan :
-       Klasikal
-       Kelompok

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit


·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
·   Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
·   Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan


2
Kegiatan Inti

60 menit

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·   Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
·   Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
·   Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·   5 orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
·   Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
·   Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
·   Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);



V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Bahasa Arab kelas X,Terampil Bahasa Arab I
·   Buku paket  Bahasa Arab Madrsah Aliyah ,Ayo Fasih berbahasa arab
·   Ruang Kelas

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·   Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·   Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·   Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·   Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·   Melakukan percakapan sesuai konteks


Tugas Kelompok

Bermain Peran

Mainkan sebuah drama dengan tema perkenalan di sekolah ..!










KRITERIA PENILAIAN

  1. Berbicara
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan kata/ungkapan
Kelancaran
Ketepatan Intonasi
Kontekstual
25
25
20
30
100
1
Siswa





2
Siswa





3
Siswi





4
Siswi











Mengetahui
Kepala Sekolah





EHSAN HUSNI, S.Pd.I

Mataram,        September  2013
Guru Mapel





EHSAN HUSNI, S.Pd.I




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           :     MA ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran          :     Bahasa Arab
Status Pendidikan     :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester         :     X / I
Pertemuan ke            :     3 ( tiga )
Alokasi Waktu           :     2  jam pelajaranfr


Standar Kompetensi:
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar:
MEMBACA
·         Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
·         Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
·         Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

I. Tujuan Pembelajaran       :                                                                    
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu: Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat, mengidentifikasi  tema wacana, memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis.

Nilai Karakter Bangsa
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)




II. Materi Pembelajaran       :
·   Kehidupan Keluarga

تخَــَرَّج َ  فَرِ يْدٌ فِى مَدْرَسَةِ اْلمُــتَوَسِّطَةِ  اْلإِسْلاَمِيَّةِ, فَوَ اصَلَ  دِرَاسَـتَهَ  اِلَى اْلمـَدْرَسَةِ  الـثاَّ  نـَوِ  يَّةِ  اْلإِسْلاَمِـيَّةِ  اْلعَــالِيَّــةِ , وَ لَيـْسَ   فِـيْـهِ صَدِ يـْقٌ   يَـعْرِفُهُ, فَبَـعْــدَ  اَنْ  دَخَــلَ  فَرِ  يْدٌ  وَ اَصْـدِقَــا ئُهُ  اْلفَصْـــلَ, قَدَّ مَ كُلُّ اَحَدٍ مِنْهُمْ اِسمْــَهُ.
تَقَـدَّ مَ  فَرِ  يْدٌ  اَمَامَ  اْلفَصْـلِ   لِيُـقَــدِّمَ  نـَفْسَـهُ, وَقَالَ   ِاسمْـِى فَرِ يْدٌ, تخَــَرَّجْتُ فيِ مَدْرَسَةِ " اْلإِخْلاَصِ " اْلمُــَــتَوَسِّطَةِ اْلإِسْلاَمِيَّةِ, وَهَذِهِ اْلمَدْرَسَةُ   تَقَـعُ فِى جَاكَرْتاَ الشَّرْقِيَّةِ.
وَ  تَقَدَّ مَ عَلِيٌّ   اَماَمَ  اْلفَصْلِ  لِيُقَـدِّمَ   نـَفْسَـهُ, وَقاَلَ    ِاسمْـىِ عَلىِ , وَ اَناَ مِنْ سُوْمَطْرَةِ  اْلغَرْ بِيَّةِ. لِي عَمٌّ فيِ هَذِهِ الْعاَصِمَةِ,  وَاَناَ اَسْكُنُ  فيِ   بَـيْتِ عَمِّى  فيِ  شِـيْبُــوْ تاَتْ.
وَ تــَقَدَّ  مَتْ عاَ ئِشَـةُ   اَماَمَ  اْلفَصْلِ  لِتُقَدِّمَ  نـَفْـسَهاَ, وَقَالَتْ  اِسمْــِى عاَئِشَةُ,  تخَــَرَّجْتُ فيِ   مَدْرَسَةِ  " نـُوْرِ اْلإِ  يمْاَنِ "  اَلمْــُـتـَوَسِّطَةِ  اْلاِسْلاَمِيَّةِ,  وَهَذِهِ اْلمَدْرَسَةُ   تَقَعُ فيِ جاَكَرْتاَ  اْلجَنُوْ  بِــيَّةِ, وَاَسْكُنُ فيِ شَارِعِ   كَباَ يُوْرَانْ    لاَماَ.

III. Metode                 :
·   Modelling
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
·   Guru meminta salah seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan tempat tinggal
·   Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal







Pengalaman pribadi
Guru

2
Kegiatan Inti

60 menit

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·   Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
·   Seluruh siswa menirukan lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
·   Seluruh siswa mendengarkan lafal guru dalam membaca wacana
·   Seluruh siswa menirukan lafal guru dalam membaca wacana
·   1 orang siswa memimpin teman-temannya membaca nyaring wacana tulis.
·   Siswa dibagi dalam kelompok kecil.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·   Setiap kelompok terdiri dari 2-3 orang.
·   Setiap kelompok mengidentifikasi kata-kata atau istilah-istilah yang sulit.
·   Setiap kelompok mengutus perwakilannya untuk menulis kata-kata atau istilah-istilah yang sulit tersebut di papan tulis.
·   Setiap kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dan ide pokok dari setiap paragraf.
·   Setiap kelompok membuat rangkuman dari isi wacana tulis tersebut.
·   Setiap kelompok membacakan hasil rangkumannya di depan kelas.
·   Guru membuat klasifikasi kata-kata yang ada di dalam wacana tulis ke dalam isim dan fi’il.
·   Guru mengklasifikasi isim menjadi dua, yaitu النكرة والمعرفة.
·   Siswa membuat kesimpulan tentang   اسم النكرة والمعرفة

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Kitab Al Arabiah lin Nasyiin

Kitab Al Arabiah lin Nasyiin












Buku Nahwu

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
Instrumen soal latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar        :
·   Buku العربية للناشئين  Jilid 3 halaman: 33 dan 42
·   Ruang multimedia








VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·   Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·   Menentukan tema wacana tulis
·   Menentukan ide pokok dari wacana tulis
·   Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
·   Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


Individu dan kelompok

Performa dan unjuk kerja

1.      Bacalah dengan benar teks berikut!
2.      Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
3.      Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

KRITERIA PENILAIAN
  1. Membaca
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan/
Kelancaran
Menemukan informasi tersurat
Menemukan ide pokok
Menemukan pesan
20
25
25
30
100
1






2






3














                       

Mengetahui
Kepala Sekolah





EHSAN HUSNI, S.Pd.I

Mataram,        September  2013
Guru Mapel





EHSAN HUSNI, S.Pd.I



































BUTIR SOAL
١. اُكْتُبْ  هَذِهِ  العِباَرَةَ  مَعَ  شَكْلِهاَ  الصَّحِــيْح ِ !
              و  تــقد  مت عا ئشـة   امام  الفصل  لتقدم  نـفـسها
٢. أَكْمِلْ ماَ  يَـلىِ وَ فْـقاً لمِاَد َّةِ  اْلقِرَ ائَةِ   السَّابِقَةِ !
              وَ اصَلَ   فَرِ  يْدٌ ......... اِلىَ   اْلمـَدْرَسَةِ  الـثاَّ  نـَوِ  يَّةِ  اْلإِسْلاَمِـيَّةِ  اْلعَــالِيَّــةِ
۳. ضع  حرف  ( ص ) اذا  كانت  العبارة  موافقة  للقرائة السابقة وحرف  ( خ ) اذا كانت غير موافقة !
              لَيـْسَ   لِعـــَلِيٍّ   عَمٌّ فيِ  هَذِهِ   الْعاَصِمَةِ  
٤. هَلْ  لِفَرِ  يْدٍ   صَدِ يْقٌ   يَعْرِفُهُ ؟
٥. اَيــْنَ   تَسْكُنُ  عاَئِشَةُ ؟









KUNCI JAWABAN

١. وَ تــَقَدَّ  مَتْ عاَ ئِشَـةُ   اَماَمَ  اْلفَصْلِ  لِتُقَدِّمَ  نـَفْـسَهاَ
٢. وَ اصَلَ   فَرِ  يْدٌ     دِرَ اسَــتَه ُ     اِلىَ   اْلمـَدْرَسَةِ  الـثاَّ  نـَوِ  يَّةِ  اْلإِسْلاَمِـيَّةِ  اْلعَــالِيَّــةِ
۳. لَيـْسَ   لِعـــَلِيٍّ   عَمٌّ فيِ  هَذِهِ   الْعاَصِمَةِ   (  خ   )
٤. لاَ,  لَيــْسَ  لـَهُ   صَدِ يـْقٌ   يـَعْرِفُهُ
٥.  عاَئِشَةُ   تَسْكُنُ فيِ شَارِعِ   كَباَ يُوْرَانْ    لاَماَ.
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
 

Nama Sekolah           :     MA ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran          :     Bahasa Arab
Status Pendidikan     :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester         :     X / I
Pertemuan Ke            :     IV ( empat )
Alokasi Waktu           :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
         Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar:
MENULIS
4.1        Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2        Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

I. Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu menulis kata, frasa dan kalimat dengan menggunakan khat riq’ah serta dapat menyusun paragraf sesuai tema perkenalan

Nilai Karakter Yang diharapkan
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,tanggung jawab.

II. Materi Pembelajaran:
·   Menyalin Potongan ayat al-Qur’an ke dalam Khat riq’ah
يرفع الله الذين امنوا منكم والذين اوتواالعلم درجات
·   Menulis dikte kata-kata berikut
·        اِسْمِي- فَرِيدٌ- تَخَرَّجْتُ- فِي- مَدْرَسَةِ - الْإِخْلاَصِ- الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
·   Menyusun wacana menjadi kalimat yang berpaidah
·   الْمَدْرَسَةِ      تَخَرًَّجَتْ      الْإِسْلَامِيَّةِ       عَاِئشَةُ        الْمُتَوَسِّطَةِ      فِي
·   عَمِّي –   أَسْكُنُ      فِي –    بَيْتِ      شِيْبُوتَاتْ   -    فِي
·   جَا كَرْتَا        الْمَدْرَسَةِ         الشَّرْقِيَّةِ         فِي –    تَقَعُ -  هَذِهِ

·         Melengkapi wacana
1.    واصل  احمد  .. . . . . . . . . .في  المدرسة الثانوية  الاسلامية
2.    قام  ابراهيم  أمام  الفصل   .  .  .  .    إسمَهُ
3. تسأل عائشة عَنْ   .  . .  . .    صديقها الجديد
III.    Metode Pembelajan :
·   Ceramah
·   Modelling
·   Diskusi
·   Pemberian Tugas
Pendekatan  :
·         Individu
·         Klasikal

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   2 orang siswa menulis potongan ayat alquran dengan khat riq’ah di papan tulis.
·   Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah




Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·   setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru.
·   Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
·   Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
·   Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
1. wacana tulis yang masih belum legkap.
2. Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
·   Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
·   Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
·   Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
·   Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah tentang النكرة والمعرفة
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Buku kaligrafi
Buku paket Bahasa arab kelas x


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar, nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,tanggung jawab.
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat,nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,tanggung jawab.
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa, nilai yang ditanamkan : Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,tanggung jawab.
Buku paket

V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Arab
·   Alqur’an , Buku panduan Kaligrafi
·   Ruang kelas
VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Menulis kalimat dengan khat riq’ah 

·   Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru

·   Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat

·   Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana

Individu (khat), kelompok (membuat wacana)

Tes tulis
1. Salinlah tulisan ayat berikut ini ke dalam khat riq’ah
يرفع الله الذين امنوا منكم والذين اوتواالعلم درجات
2.        Tulislah kalimat berikut ini dengan tepat dan benar!
§        اِسْمِي- فَرِيدٌ- تَخَرَّجْتُ- فِي- مَدْرَسَةِ - الْإِخْلاَصِ- الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
3. Susunlah kalimat kalimat acak dibawah ini menjadi sebuah kalimat berfaidah !
·           الْمَدْرَسَةِ      تَخَرَّجَتْ       عَاِئشَةُ  - الْإِسْلَامِيَّةِ       
     الْمُتَوَسِّطَةِ      فِي
·        عَمِّي –   أَسْكُنُ      فِي –    بيت  -شيبوتات - فى
·    جاكرتا – المدرسة – الشرقية – فى – تقع – هذه
4. Buatlah kalimat sederhana dengan menggunakan kata di bawah ini :
أ. أُوَاصِلُ   ۲. أ , تَخَرَّجَ   
مِفْتَاح الإِ جَا بَةِ

١ .  يرفع الله الذين امنوا منكم والذين اوتواالعلم درجات
۲.  اِسْمِي- فَرِيدٌ- تَخَرَّجْتُ- فِي- مَدْرَسَةِ - الْإِخْلاَصِ- الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
۳.       أ.  تَخَرَّجَتْ    عَاِئشَةُ    فِي الْمَدْرَسَةِ   الْمُتَوَسِّطَةِ   الْإِسْلَامِيَّةِ
ب. أَسْكُنُ    فِي   بَيْتِ   عَمِّي  فِي  شِيْبُوتَاتْ
         ج.  تَقَعُ   هَذِهِ   الْمَدْرَسَةُ    فِي جَا كَرْتَا   الشَّرْقِيَّةِ
۴.      أ.  أُوَاصِلُ دِرَاسَتِي مَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ
          ب. تَخَرَّجَ فَرِيدٌ فِي الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
 
KRITERIA PENILAIAN
  1. Menulis
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan Tulisan
Keindahan
Ketepatan kaidah
Pengembangan ide
20
20
30
30
100
1






2






3








                       
Mengetahui
Kepala Sekolah





EHSAN HUSNI, S.Pd.I

Mataram,        September  2013
Guru Mapel





EHSAN HUSNI, S.Pd.I

<data:blog.pageName/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar