السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI


ILMU

GAMBAR

SOFTWARE

TUTORIAL

GAME


Jumat, 01 November 2013

RPP BAHASA ARAB 10 MA BERKARAKTER TERBARUU


<data:blog.title/>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           :     MA ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran          :     Bahasa Arab
Status Pendidikan     :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester         :     X / I
Pertemuan ke            :     6
Alokasi Waktu           :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi Dasar:
      BERBICARA
2.1        Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2        Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar

I.       Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang perkenalan dengan lancar dan tepat.

Nilai Karakter Bangsa
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

II. Materi Pembelajaran:

Dialog tentang:
a)    Kehidupan keluarga  :   حياة العائلة
١.  تكلم مع اخوانك كما يلى   ! 
احمد     : اين تعيش عائلتك يا فريد  ؟
فريد     : تعيش عائلتي في جاكرتا الشرقية  .
احمد     : عائلتى تعيش في سو مطرة الغربية , وهي عائلة كبيرة تتكون من احد عشر شخصا .      
فر يد    : عائلتى صغيرة, وهي تتكون من خمسة أشخاص .
اجمد     : انا اكبر ولد في العائلة , ولي ثلاثة إخوة وخمس أخوات .
فريد     : انا اصغر ولد فى العا ئلة,  ولي اخ واحد واخت واحدة .
احمد     : اين يعمل ابوك يا فريد ؟
فريد     : ابي يعمل في الإدارة , وهو موظف حكومي .
احمد     : اين تعمل أمّك يافريد ؟
فريد     : امي  تعمل فى المدرسة , وهي مدرّسة .
احمد     : اين يدرس اخوك يا فريد ؟
فريد     : اخي يدرس فى الجا معة الإسلامية الحكومية , وهو طالب .

۲ .      إحفظ هذه  المفردات  !

عاش – يعيش
Hidup
9
عائلة
Keluarga 
1
تكون – يتكون
Terdiri
10
كبيرة
Besar
2
شخش ج أشخاش
Orang
11
أحد عشر
Sebelas
3
ولد ج أولاد
Anak / Anak-anak
12
صغيرة
Kecil
4
يدرس
Belajar
13
خمسة
Lima ( 5 )
5
أخت ج أخوات
Saudara ( Pr )
14
اكبر
Lebih besar
6
اخ  ج   إخوة
Saudara ( Lk )
15
اصغر
Lebih kecil
7
عمل  -  يعمل
Bekerja
16
ثلاثة
Tiga ( 3  )
8


III. Metode:
·   Ceramah
·   Modeling
·   Inpairing
Pendekatan :
·         Klasikal
·         Individu
·         Kelompok

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
·   Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berdialog tentang kehidupan keluarga


2
Kegiatan Inti

60 menit

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·   Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
·   Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
·   Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·   2 orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
·   Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
·   Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
·   Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.


3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat,);
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis,  menghargai prestasi.);
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat,);



V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Terampil Bahasa Arab 1 Kelas X MA
·   Ruang Kelas

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·   Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·   Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·   Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·   Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·   Melakukan percakapan sesuai konteks


Tugas Kelompok

Bermain Peran

Tes Lisan

1. Ragakan sebuah dialog dengan tema Kehidupan keluarga !
2. Lafalkan kata kata dibawah ini dengan Fasih  !

عائلتى, صغيرة,  تتكون , خمسة أشخاص, اكبر,أصغر, إخوة  , أخوات .
 ۳. اين يعمل ا بو فريد  ؟

KRITERIA PENILAIAN

  1. Berbicara
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan kata/ungkapan
Kelancaran
Ketepatan Intonasi
Kontekstual
25
25
20
30
100
1






2






3






4









Mengetahui
Kepala Sekolah





EHSAN HUSNI, S.Pd.I

Mataram,        Oktober  2013
Guru Mapel





EHSAN HUSNI, S.Pd.I


<data:blog.pageName/>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar