السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI


ILMU

GAMBAR

SOFTWARE

TUTORIAL

GAME


Jumat, 01 November 2013

RPP BAHASA ARAB BERKARAKTER 5



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah           :     MA ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran          :     Bahasa Arab
Status Pendidikan     :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester         :     X / I
Pertemuan ke            :     5 ( lima )
Alokasi Waktu           :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Kompetensi dasar:
      Menyimak
1.1        Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

I.       Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan

Nilai Karakter Bangsa
  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

II. Materi Pembelajaran:
·   حياة العائلة    (Kehidupan keluarga)
ألإستماع
١. استمع اللى ما يلي  !
اِسْمِى فَرِيْدٌ , لِي أَب ٌوَأُمٌّ , وَلِى اَخٌ وَاُخْتٌ ,أَبِى مُوَظَّفٌ حُكُومِيٌّ وَاُمِّيْ مُدَرِّسَةٌ . اَنَا طَالِبٌ فِى الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ.
اَخِي طَالِبٌ فِي الْجَامِعَةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ . وَاُخْتِي طَالِبَةٌ الصَّفِّ الثَّالِثِ فِى الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ  الْإِسْلَامِيَّةِ 
كُلَّ صَبَاحٍ , اَبِى يَذهَبُ اِلَى الْإِدَارَةِ , اُمِّىْ تَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ ,اَخِى يَذْهَبُ اِلَى الْجَامِعَةِ , اَنَا وَاُخْتِى نَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ .
۲.     اِحْفَظْ هَذِهِ  الْمُفْرَدَاتِ  !

مُدَرِّسٌ
Bapak Guru
9
لِيْ
Saya punya
1
جَامِعَةٌ
Universitas
10
أبٌ
Ayah
2
الْمَدْرَسَةُ الْإِبْتِدَائِيَّةُ
Sekolah dasar
12
أمٌّ
Ibu
3
كُلَّ
Setiap
13
أَخٌ
Saudara (Lk)
4
صُبَاحٌ
Pagi
14
اُخْتٌ
Saudara (Pr)
5
ذَهَبَ – يَذْهَبُ
Pergi
15
مُوَظَّفٌ
Pegawai
6
إِدَارَةٌ
Kantor
16
حُكُوْمِيٌّ
Negeri
7
عَائِلَةٌ / الْعَائِلَةُ
Keluarga
17
حياة
Kehidupan
8

III. Metode:
·   Ceramah
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
No
Langkah-Langkah Kegiatan
Media/Sumber
Waktu
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam kehidupan keluarga
·   Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam tema kehidupan keluarga






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·   Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
·   Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·   Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
·   Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·   Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
·   Tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
·   Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
·   Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan kelas
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,);
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi.);
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,  menghargai prestasi, bersahabat,);
Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Terampil  Bahasa Arab 1  Kelas X MA
·   Ruang kelas






VI. Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

§  Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar

§  Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan


§  Menentukan tema dari wacana lisan

§  Menentukan ide pokok dari wacana lisan.


§  Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.

§  Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit

Tes tertulis

Tulis
( Uraian )

1.           Apa tema  wacana dibawah ini  !
اِسْمِى فَرِيْدٌ , لِي أَب ٌوَأُمٌّ , وَلِى اَخٌ وَاُخْتٌ ,أَبِى مُوَظَّفٌ حُكُومِيٌّ وَاُمِّيْ مُدَرِّسَةٌ . اَنَا طَالِبٌ فِى الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ.
اَخِي طَالِبٌ فِي الْجَامِعَةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ . وَاُخْتِي طَالِبَةٌ الصَّفِّ الثَّالِثِ فِى الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ  الْإِسْلَامِيَّةِ 
كُلَّ صَبَاحٍ , اَبِى يَذهَبُ اِلَى الْإِدَارَةِ , اُمِّىْ تَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ ,اَخِى يَذْهَبُ اِلَى الْجَامِعَةِ , اَنَا وَاُخْتِى نَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ .
2.    هل لفريد اخ واخت ؟

3.    هل ابو فريد مدرّس ؟

4.    اين يتعلم  اخ فريد ؟

5.    املإ الفراغ بكلمة مناسبة !

·        اَبِى يَذهَبُ اِلَى ........ كُلَّ صَبَاحٍ
·        اَخِي ......... فِي الْجَامِعَةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ


مفتا ح الإجوبة

1. حياة العئلية
2.  نَعَمْ, لِفَرِيْدٍ اَخٌ وَاُخْتٌ
3.  لَا, بَلْ هُوَ مُوَظَّفٌ حُكُومِيٌّ
4.  اَخُو فَرِيْدٍ يَتَعَلَّمُ فِي الْجَامِعَةِ الإِسْلَامِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ
5.  الإدارة, طالب
KRITERIA PENILAIAN
  1. Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1






2






3






4










Mengetahui
Kepala Sekolah





EHSAN HUSNI, S.Pd.I

Mataram,        Oktober  2013
Guru Mapel





EHSAN HUSNI, S.Pd.I











Tidak ada komentar:

Posting Komentar