RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA
ISHLAHUL MUSLIMIN SENTELUK
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab
Status Pendidikan : Madarasah
Aliyah
Kelas / Semester : X
/ I
Pertemuan ke :
5 ( lima )
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Kompetensi dasar:
Menyimak
1.1
Mengidentifikasi bunyi, ujaran
(kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
I.
Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu:
Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana
lisan tentang perkenalan
Nilai Karakter Bangsa
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah
air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
II. Materi Pembelajaran:
· حياة العائلة (Kehidupan keluarga)
ألإستماع
١. استمع اللى ما
يلي !
اِسْمِى فَرِيْدٌ , لِي أَب ٌوَأُمٌّ , وَلِى اَخٌ وَاُخْتٌ
,أَبِى مُوَظَّفٌ حُكُومِيٌّ وَاُمِّيْ مُدَرِّسَةٌ . اَنَا طَالِبٌ فِى الْمَدْرَسَةِ
الثَّانَوِيَّةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ.
اَخِي
طَالِبٌ فِي الْجَامِعَةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ . وَاُخْتِي طَالِبَةٌ
الصَّفِّ الثَّالِثِ فِى الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ الْإِسْلَامِيَّةِ
كُلَّ
صَبَاحٍ , اَبِى يَذهَبُ اِلَى الْإِدَارَةِ , اُمِّىْ تَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ
,اَخِى يَذْهَبُ اِلَى الْجَامِعَةِ , اَنَا وَاُخْتِى نَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ
.
۲. اِحْفَظْ
هَذِهِ الْمُفْرَدَاتِ !
مُدَرِّسٌ
|
Bapak Guru
|
9
|
لِيْ
|
Saya punya
|
1
|
جَامِعَةٌ
|
Universitas
|
10
|
أبٌ
|
Ayah
|
2
|
الْمَدْرَسَةُ الْإِبْتِدَائِيَّةُ
|
Sekolah dasar
|
12
|
أمٌّ
|
Ibu
|
3
|
كُلَّ
|
Setiap
|
13
|
أَخٌ
|
Saudara (Lk)
|
4
|
صُبَاحٌ
|
Pagi
|
14
|
اُخْتٌ
|
Saudara (Pr)
|
5
|
ذَهَبَ – يَذْهَبُ
|
Pergi
|
15
|
مُوَظَّفٌ
|
Pegawai
|
6
|
إِدَارَةٌ
|
Kantor
|
16
|
حُكُوْمِيٌّ
|
Negeri
|
7
|
عَائِلَةٌ / الْعَائِلَةُ
|
Keluarga
|
17
|
حياة
|
Kehidupan
|
8
|
III. Metode:
·
Ceramah
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
No
|
Langkah-Langkah Kegiatan
|
Media/Sumber
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·
Guru
mengecek kehadiran siswa
·
Guru
bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang biasa dipakai dalam kehidupan keluarga
· Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam tema kehidupan keluarga
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
· Siswa mendengarkan
wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
· Siswa menyebutkan
kata-kata yang didengar
· Siswa mencocokkan gambar
dengan ujaran yang didengar
· Siswa menuliskan
beberapa kata yang didengar dari guru
· Guru bersama siswa
mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,
· Siswa dibagi dalam
kelompok-kelompok kecil
· Tiap kelompok terdiri
dari 4-5 orang
· Tiap kelompok mendiskusikan
isi wacana lisan yang dibacakan guru
· Tiap kelompok menuliskan
isi wacana lisan secara umum
· Tiap kelompok
mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan kelas
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
menghargai prestasi,);
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
menghargai prestasi.);
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa(nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja
keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
menghargai prestasi, bersahabat,);
|
Instrumen latihan
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat
Belajar:
· Guru
· Buku paket Terampil Bahasa Arab 1 Kelas X MA
· Ruang kelas
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau
kalimat yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang
disediakan
§ Menentukan tema dari wacana lisan
§ Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
§ Mengungkapkan kembali informasi rinci dari
wacana lisan.
§ Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru
atau sulit
|
Tes tertulis
|
Tulis
( Uraian )
|
1.
Apa tema wacana
dibawah ini !
اِسْمِى فَرِيْدٌ ,
لِي أَب ٌوَأُمٌّ , وَلِى اَخٌ وَاُخْتٌ ,أَبِى مُوَظَّفٌ حُكُومِيٌّ وَاُمِّيْ
مُدَرِّسَةٌ . اَنَا طَالِبٌ فِى الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَّةِ
الْإِسْلاَمِيَّةِ.
اَخِي طَالِبٌ فِي الْجَامِعَةِ
الْإِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ . وَاُخْتِي طَالِبَةٌ الصَّفِّ الثَّالِثِ
فِى الْمَدْرَسَةِ الْمُتَوَسِّطَةِ
الْإِسْلَامِيَّةِ
كُلَّ صَبَاحٍ , اَبِى يَذهَبُ اِلَى
الْإِدَارَةِ , اُمِّىْ تَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ ,اَخِى يَذْهَبُ اِلَى
الْجَامِعَةِ , اَنَا وَاُخْتِى نَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ .
2. هل لفريد اخ واخت ؟
3. هل ابو فريد مدرّس ؟
4. اين يتعلم اخ فريد ؟
5. املإ الفراغ بكلمة مناسبة !
·
اَبِى يَذهَبُ اِلَى
........ كُلَّ صَبَاحٍ
·
اَخِي ......... فِي
الْجَامِعَةِ الْإِسْلاَمِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ
|
مفتا ح الإجوبة
1. حياة العئلية
2. نَعَمْ, لِفَرِيْدٍ اَخٌ وَاُخْتٌ
3. لَا, بَلْ هُوَ مُوَظَّفٌ حُكُومِيٌّ
4. اَخُو فَرِيْدٍ يَتَعَلَّمُ فِي الْجَامِعَةِ
الإِسْلَامِيَّةِ الْحُكُومِيَّةِ
5. الإدارة,
طالب
KRITERIA PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria Dan Skala
Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi tema
|
Menemukan informasi tersurat
|
Menemukan pesan
|
Menceritakan kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
Mataram, Oktober 2013
Guru Mapel
EHSAN HUSNI, S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar